w e l k o m

ini adalah blog spesial yang diramu khusus untuk menjernihkan pikiran, mengencangkan senyuman, sedikit mengernyitkan dahi. Intinya blog ini akan mengajak pikiran juga hati bekerja sedikit banyak bagi makhluk apapun yang berkenan mampir dengan gratis disini...

Senin, 09 Mei 2011

Review : The Way To Love "Ant hony De Mello"

Buku ini mengisahkan tentang bagaimana kejujuran dijadikan sebagai core karakter Tony de Mello, ia menggunakannya untuk mengevaluasi apa saja yang ada dalam kehidupannya sendiri. Melalui kejujuran yang efektif ia komunikasikan kepada yang mendengarkannya. Di dalam buku tersebut terdapat 31 meditasi ala Anthony de Mello, beberapa diantaranya sangat lekat dengan kehidupan pribadi kita. Bagaimana kita diarahkan untuk memiliki sebuah cara pandang positif tentang hidup, menebarkan cinta dan kasih sayang sesama manusia, seperti berikut  :

  1. untung dan rugi--> mengingat saat seseorang memuji kita, dengan melihat matahari terbenam, perasaan apa yang kita miliki? sangat penting bagi kita untuk memahami perasaan bukan sekedar terpaku pada pemujaan diri, namun juga pentingnya pemenuhan diri, perasaan jiwa yang alami. Bukankah akan menjadi sangat indah ketika kita bisa lebih mengendalikan persaan duniawi--karena pujian, dan lebih menerima dan mengerti bagaimana isi jiwa kita.
  2. menjadi murid--> hanya ada satu sebab ketidakbahagiaan yakni pandangan keliru dalam kepala, yang umum, populer sehingga kita tidak pernah mempertanyakan esensinya.Ketika kita melihat seseorang di sekitar kita begitu bahagia-maka kita akan melihat rasa tidak takut, bebas rasa cemas, tegang, khawatir. Sangat TIDAK BENAR ketikakita berpikir bahwa kebahagiaan akan datang ketika orang lain berhasil kita ubah situasi (bahkan terhadap diri kita), yang terjadi kita hanya membuang waktu. Sesungguhnya rasa bahagia segalanya berasal dari pemikiran kepala kita--mindset yang menuntun otak kita--terprogram demikian.
  3. mil ekstra--> sesungguhnya dalam hidup ini bukanlah kita yang memutuskan apa yang jadi kebutuhan, selera, nilai, bahkan sikap kita, semuanya berasal dari rancangan memori dan sistem kerja kepa kita yang mengarahkan kita melakukan sesuatu.
  4. ia pergi dengan sedih--> jika kita ingin bahagia, mengenal cinta maka yang terjadi adalah bukan sekedar niat tapi bagaimana kita memiliki pemahaman tentang apa yang ada dalam kepala kita. Sehingga akan menuntun kita dengan cara yang telah kita pikirkan baik-baik sebelumnya.
  5. lubang jarum-->apa yang bisa manusia lakukan untuk kebahagiaan, menikmati dan bersyukur apa yang kita miliki dan mencoba mengikhlaskan sesuatu yang bisa menjadi beban dalam diri kita. Ibarat lubang jarum yang begitu kecil esensinya adalah betapa kebahagiaan itu perlu sebuah keberanian melihat kebenaran tanpa mengabaikan dan mendapat perlawanan dari hati tentang sesuatu yang kita ,lihat, kita rasakan tadi.
  6. tidak mempunyai tempat-->kesalahan yang dilakukan kebanyakan orang dalam hubungan dengan orang lain adalah mereka bertahan di satu tempat sedangkan sekitar mereka ada sebuah arus yang bergerak. Intinya adalah jangan menggantungkan harapan hidup kita pada seseorang atau sesuatu yang pada akhirnya akan membuat kita menjadi seseorang yang lupa pada esensi dalam diri. Ketika kita jatuh cinta, ada cara lain untuk membiarkan cinta itu tetap tumbuh dengan tidak menggantungkan harapankita pada orang lain, atau tidak mengistimewakan secara berlebihan, karena akan sangat menyakitkan bagi kita ketika sudah tidak memenuhi syarat menjadi istimewa bagi pasangan kita, maka kita akan sangat terluka. Istiomewa adalah sesuatu yang semu dalam cinta, semuanya bisa berubah ketika kita tidak lagi juga bisa menjadi istimewa dan memenuhi harapan orang lain. Intinya adalah mencintai dengan cara tidak membelenggu dalam satu tempat adalah sangat bijak, dibandingkan mencintai mengikatkan hati dan merasa terbebani. Dalam cinta itu tidak ada beban, dan tempat untuk membebani seseorang atau siapapun di sekitar kita.
  7. bawalah kemari orang-orang miskin-->Pikirkan saat kita tidak menyukai seseorang, biasanya kebanyakan dari kita menghindari, dan ada perasaan tidak nyaman. Kondisi ini menjadikan kita sebagai orang yang benar-benar tidak bisa berbuat apa-apa, tidak berdaya bahkan lebih buruk daripada orang tidak mampu (baca : miskin) yang masih memiliki tempat berbagi.
  8. yang tidak melihat, dapat melihat--> Ketika ada yang bilang bahwa cinta itu buta, sebenarnya yg buta bukan cinta, tapi kelekatan individu/ manusia dimana merasa lekat lengket keyakinan bahwa untuk bisa bahagia harus ada seseorang. Iya, pada dasarnya kita membutuhkan seseorang dalam hidup kita untuk berbagi, tapi bukan itu esensi cinta. Cinta adalah sesuatu yang tidak bisa dideskripsikan bahkan dibakukan dengan keberadaan seseorang. pada dasarnya tidak semua orang menyadari simfoni kehidupan, karena ada satu insting, naluri bahkan hati yang tidak dibuka dengan sedemikian rupa sehingga menjadikan kita akan sulit melihat apa yang terjadi di sekitar kita. Kondisi ini yang dikatakan ketika orang jatuh cinta semua hal yg terjadi tertutup (buta hati). hal yang terbaik adalah membiarkan jiwa kita bebas ketika kita jatuh cinta, memiliki keyakinan dan peka, maka hal yang biasa tidak bisa kita lihat, akan bisa kita lihat, dan betapa cinta itu begitu luas ruang geraknya untuk diri kita.
  9. apa yang harus kuperbuat--> Kehidupan memiliki simfoni, dimana terdapat orang-orang memainkan alunan nada dengan kondisi yang berbeda, kemampuan tidak sama, alunan itu menjadi sebuah iringan dalam setiap langkah-langkah mereka. Maka berlakulah sesuai apa yang bisa kita lakukan, fokuslah dengan musik yang kita akan buat jangan sibuk dengan jenis musik orang lain di kepala kita.
  10. ular dan merpati--> Merpati itu memiliki sifat bijaksana, sederhana dan merpati begitu alamiah melakukan sesuatu sesuai kemampuan dirinya.Kita harus menerapkan sifat ini dengan lebih ada penerimaan atas diri kita, kesadaran sangatlah penting untuk hal ini. Amatilah beberapa perubahan dalam diri, bagaimana kita menyikapi adalah cara terbaik untuk memahami bagaimana ular dan merpati disini digunakan
  11. tidak mencari muka--> cinta akan ditemukan dalam diri tanpa rasa takut, bebas, tidak menjadi budak dan tidak tergantung. Harus tumbuh dalam hati, melalui kontak dengan kenyataan, bukan cinta untuk orang atau hal tertentu, melainkan kenyataan cinta, cinta itu dalam kehidupan kita, maka kita harus melepaskan diri dari ketergantungan batin pada orang-orang. Menyadari apa yang kita lakukan menyenangkan adalah awal bagaimana kita memahami dan menerima cinta yang alami.
  12. menjadi seperti anak kecil--> kesan pertama yang didapat orang ketika menatap mata anak kecil adalah kepolosannya, ketidakmampuan berbohong seperti begitu alami. Kepolosan anak kecil akan terkikis seiring dengan intensitas dan perubahan sekelilingnya, anak kecil memiliki rasa pasrah, alami apa adanya, anak kecil memiliki insting, namun orang dewasa lebih menerapkan kesadaran yang bisa melindungi dari beberapa hal yang menyakitkan dan kondisi ini bisa  membawa pertumbuhan yang digariskan alam.
  13. kasihilah musuhmu-->Ada beberapa kondisi dimana kita akan merasa terganggu, kesal bahkan marah terhadap perkataan, seseorang, sebenarnya kondisi ini dikarenakan orang lain tidak memahami dan tidak memenuhi pengharapan yang ada dalam diri kita. Rasa kesal menjadikan kita kabur persepsi dan kurang efektif dalam bertindak. Adalah sangat bodoh ketika kita menuntut orang lain memenuhi standar dan norma yang diprogram dalam diri kita.
  14. jangan menghakimi-->akan menjadi indah apabila kita bisa melihat seseorang secara utuh, kesemuanya terkait bagaimana penerimaan kita terhadap perbedaan orang lain yang muncul. Setiap orang memiliki kekurangan,  belajar memahami, jika itu sudah dilakukan maka kita akan lebih menerima, rasa cinta dan pemaafan akan tumbuh. Selanjutnya kita bisa melihat sisi lain (harta terpendam) yang sebelumnya muncul karena rasa kurang nyaman.Terkadang yang kita lihat awalnya kurang baik dan sebaliknya, pada akhirnya akan ada sebuah "nilai" yang membuat kita tidak mampu berkata-kata.

 Semoga kita bisa memahami cara terbaik untuk mencintai, dicintai dan berbagi kasih sesama...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar